IDENTITAS PROGRAM STUDI (PRODI) PENDIDIKAN KIMIA
Akreditasi A
Nama Prodi
|
:
|
PENDIDIKAN KIMIA (S1)
|
Izin
|
:
| Kepmen PTIP Nomor: 40 tahun 1965, tanggal 8 Maret 1965 disahkan dengan Keppres Nomor: 271 tahun 1965, tanggal 14 September 1965 |
Akreditasi
|
:
|
Amat Baik A (366) Keputusan BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 tanggal 13 Mei 2011
|
Gelar
|
:
|
Sarjana Pendidikan (S.Pd)
|
Visi
|
:
|
Prodi Pendidikan Kimia yang unggul di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang kependidikan kimia, bermakna bagi masyarakat serta peduli terhadap lingkungan
|
Misi
|
:
|
|
Tujuan
|
:
|
Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Pendidikan Kimia S1 adalah untuk menghasilkan lulusan yang:
|
Profil Lulusan
|
:
|
Lulusan Prodi Pendidikan Kimia dapat berperan sebagai:
|
KOMPETENSI LULUSAN
A. Kompetensi Utama
Kompetensi pedagogik
- Menguasai konsep dan prinsip pedagogik serta metode pembelajaran yang baku, yang digunakan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia
- Mampu melaksanakan pembelajaran kimia yang mendidik dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar
- Mampu membuat instrumen/ alat asesmen proses dan hasil belajar
- Mampu menerapkan asesmen dalam pembelajaran , mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil asesmen sebagai balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua
Kompetensi kepribadian
- Mampu bersikap dan berperilaku sebagai pendidik sesuai dengan nilai-nilai agama, kebangsaan, etika dan norma masyarakat
- Memiliki kesadaran akan kewajiban dan tanggung jawab serta komitmen terhadap profesi dan tugas profesinya
Kompetensi profesional
- Menguasai struktur dan materi kurikulum kimia di sekolah menengah
- Menguasai ilmu lain yang menunjang pemahaman ilmu kimia dan keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek
- Mampu merencanakan , melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama untuk pembelajaran
- Mampu melakukan praktikum baik yang bersifat verifikasi, penemuan, analisis atau sintesis secara konvensional maupun secara instrumentasi kimia
- Mampu secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
- Mampu mengambil keputusan dan memberi petunjuk penyelesaian masalah secara tepat dalam mengelola suatu unit kerja dan mampu bertanggung-jawab pada pekerjaan sendiri serta dapat diberi tanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja unit kerjanya
Kompetensi sosial
- Secara mandiri atau kelompok bertanggung jawab mengembangkan program sekolah dan kerjasama antar sekolah/ instansi
- Mampu bekerja mandiri atau bekerjasama dengan teman sejawat untuk merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (Lesson Study)
Kompetensi Pendukung
- Mampu menjadi fasilitator dalam berbagai kegiatan pelatihan pendidikan Kimia
- Mampu mengelola laboratorium kimia di sekolah menengah.
- Mampu melaksanakan penelitian (khususnya penelitian tindakan kelas) untuk menemukan cara-cara baru dalam pembelajaran dan mampu memecahkan masalah pembelajaran atau pengembangan pembelajaran dalam kelompok
Kompetensi Lainnya
- Mampu mengaplikasikan penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung pelaksanaan tugas/peranannya
- Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat
- Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah dengan pengantar bahasa Inggris (untuk kelas/ rombel PGMIPABI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar