Selasa, 09 Desember 2014

IDENTITAS PENDIDIKAN KIMIA S1 UNNES

IDENTITAS PROGRAM STUDI (PRODI) PENDIDIKAN KIMIA

Akreditasi A
Nama Prodi
:
PENDIDIKAN KIMIA (S1)
Izin
:
Kepmen PTIP Nomor: 40 tahun 1965, tanggal 8 Maret 1965 disahkan dengan Keppres Nomor: 271 tahun 1965, tanggal 14 September 1965
Akreditasi
:
Amat Baik A (366) Keputusan BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 tanggal 13 Mei 2011
Gelar
:
Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Visi
:
Prodi Pendidikan Kimia yang unggul di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang kependidikan kimia, bermakna bagi masyarakat serta peduli terhadap lingkungan
Misi
:
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang kependidikan kimia dalam berbagai jenjang pendidikan dan meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul dalam bidang pendidikan kimia, memiliki tekad untuk maju, mampu bersaing dan memiliki jiwa Pancasila;
  2. Mengembangkan pendidikan kimia melalui kegiatan penelitian yang bersifat inovatif dan tepat guna serta mengabdikannya kepada masyarakat;
  3. Menghasilkan karya-karya dalam bidang pendidikan kimia yang bermanfaat bagi masyarakat
Tujuan
:
Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Pendidikan Kimia S1 adalah untuk menghasilkan lulusan yang:
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan berwawasan luas;
  2. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi didukung oleh kemampuan dalam bidang Pendidikan Kimia, bahasa Inggris serta penguasaan atas teknologi informasi;
  3. Bersikap jujur, cerdas, terbuka, terampil, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya permasalahan yang bertalian dengan bidang pendidikan kimia;
  4. Memiliki penguasaan terhadap bidang ilmu yang diajarkan atau bidang ilmu pendidikan yang sesuai dengan profesi kependidikan yang dipilih bagi calon guru atau tenaga kependidikan lainnya;
  5. Memiliki pemahaman mendalam tentang peserta didik dan prinsip dasar kependidikan;
  6. Memiliki penguasaan teori dan keterampilan dalam bidang keguruan bagi calon guru atau bidang profesi kependidikan lainnya;
  7. Memiliki sikap, nilai, kebiasaan dan kecenderungan kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai pendidik atau tenaga kependidikan lainnya;
  8. Memiliki kemampuan mandiri untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Profil Lulusan
:
Lulusan Prodi Pendidikan Kimia dapat berperan sebagai:
  1. Pendidik di bidang Kimia
  2. Peneliti di bidang Pendidikan Kimia
  3. Pengelola lembaga pendidikan

KOMPETENSI LULUSAN
A. Kompetensi Utama
Kompetensi pedagogik
  1. Menguasai konsep dan prinsip pedagogik serta metode pembelajaran yang baku, yang digunakan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia
  2. Mampu melaksanakan pembelajaran kimia yang mendidik dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar
  3. Mampu membuat instrumen/ alat asesmen proses dan hasil belajar
  4. Mampu menerapkan asesmen dalam pembelajaran , mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil asesmen sebagai balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua
Kompetensi kepribadian
  1. Mampu bersikap dan berperilaku sebagai pendidik sesuai dengan nilai-nilai agama, kebangsaan, etika dan norma masyarakat
  2. Memiliki kesadaran akan kewajiban dan tanggung jawab serta komitmen terhadap profesi dan tugas profesinya
Kompetensi profesional
  1. Menguasai struktur dan materi kurikulum kimia di sekolah menengah
  2. Menguasai ilmu lain yang menunjang pemahaman ilmu kimia dan keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek
  3. Mampu merencanakan , melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan
  4. Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama untuk pembelajaran
  5. Mampu melakukan praktikum baik yang bersifat verifikasi, penemuan, analisis atau sintesis secara konvensional maupun secara instrumentasi kimia
  6. Mampu secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
  7. Mampu mengambil keputusan dan memberi petunjuk penyelesaian masalah secara tepat dalam mengelola suatu unit kerja dan mampu bertanggung-jawab pada pekerjaan sendiri serta dapat diberi tanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja unit kerjanya
Kompetensi sosial
  1. Secara mandiri atau kelompok bertanggung jawab mengembangkan program sekolah dan kerjasama antar sekolah/ instansi
  2. Mampu bekerja mandiri atau bekerjasama dengan teman sejawat untuk merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (Lesson Study)
Kompetensi Pendukung
  1. Mampu menjadi fasilitator dalam berbagai kegiatan pelatihan pendidikan Kimia
  2. Mampu mengelola laboratorium kimia di sekolah menengah.
  3. Mampu melaksanakan penelitian (khususnya penelitian tindakan kelas) untuk menemukan cara-cara baru dalam pembelajaran dan mampu memecahkan masalah pembelajaran atau pengembangan pembelajaran dalam kelompok
Kompetensi Lainnya

  1. Mampu mengaplikasikan penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung pelaksanaan tugas/peranannya
  2. Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat
  3. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah dengan pengantar bahasa Inggris (untuk kelas/ rombel PGMIPABI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar